Rabu, 10 Agustus 2016

KOTA ADIPURA


Eforia  masyarakat dan pemerintah di beberapa kota penerima penghargaan adipura terlihat semarak dengan arak-arakan terlihat di sepanjang jalan protokol yang dilintasi oleh arak-arakan Piala Adipura. Piala Adipura dibawa oleh Bupati/Walikota bersama unsur  Muspida yang di dampingi  Bujang Gadis yang menambah suasana semakin meriah  walau di bawah terik sang surya. Senyum tawa nada gembira menyebar ke seluruh penjuru Kota menyambut supremasi kota terbersih dan terindah.

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.
Pengertian kota dalam penilaian Adipura bukanlah kota otonom, namun bisa juga bagian dari wilayah kabupaten yang memiliki karakteristik sebagai daerah perkotaan dengan batas-batas wilayah tertentu. Peserta program Adipura dibagi ke dalam 4 kategori berdasarkan jumlah penduduk, yaitu:
-      Kota Metropolitan (lebih dari 1 juta jiwa)
-      Kota Besar (500.001 – 1.000.000 jiwa)
-      Kota Sedang (100.001 – 500.000 jiwa)
-      Kota Kecil (sampai dengan 100.000 jiwa)

Dalam lima tahun pertama, program adipura difokuskan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi “Kota Bersih dan Teduh”. Kriteria Adipura terdiri dari 2 indikator pokok: Indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota dan Indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik), yang meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap. Program Adipura telah dilaksanakan setiap tahun sejak 1986, kemudian terhenti pada tahun 1998. Program Adipura kembali dicanangkan di Denpasar, Bali pada tanggal 5 Juni 2002, dan berlanjut hingga sekarang.

Kata adipura dalam kamus bahasa Indonesia berarti penghargaan untuk kota terbersih dan terindah. Maka bila sebuah kota mendapat penghargaan adipura kota tersebut sebuah kota yang bersih dan indah. Akan tetapi pada kenyataanya kota yang mendapat penghargaan adipura masih belum bersih di beberapa sudut kota bahkan masih ditemukan tumpuhan sampah di tepi jalan utama kota ketika penghargaan adipura di arak, maka timbul slogan yang mengatakan kota tersebut dapat penghargaan adipura atau penghargaan adi pura-pura.

Tidak dapat dipungkiri sebuah kota yang telah mendapat penghargaan adipura masih ditemukan seperti cerita di atas. Hal ini harus dijadikan pelajaran berharga agar ke depan bukan hanya kota yang mendapat penghargaan adipura saja yang bersih dan indah akan tetapi semua kota di Indonesia menjadi bersih dan indah sesuai dengan tujuan awal pemberian penghargaan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi bersih dan indah.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjadi sebuah kota yang bersih dan indah. Pertama adalah menjaga kebersihan diri pribadi dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan menjaga kebersihan diri pribadi tidak membuang sampah sembarangan dimanapun berada, baik  di rumah, sekolah, kantor, pasar, jalan, pantai, sungai, hutan bahkan mengingatkan semua orang untuk membuang sampah pada tempatnya. Menjaga kebersihan adalah tanggungjawab pribadi.
Kedua menjaga kebersihan rumah. Rumah memang menjadi bagian paling dekat dari kehidupan manusia. Segala rencana serta persiapan hidup untuk masa depan, senantiasa direncanakan di rumah. Dengan rumah yang bersih, kita akan merasa nyaman dan betah untuk berada di rumah. Lingkungan rumah termasuk paling inti dan pertama harus dijaga karena akan mempengaruhi kondisi kebersihan dan kesehatan tubuh kita. Jadi, sudah selayaknya menjaga kebersihan lingkungan rumah menjadi tanggungjawab masing-masing individu. Lingkungan rumah dengan kondisi bersih yang bebas dari timbunan sampah, juga akan terhindar dari bencana seperti banjir pada musim hujan. Salah satu penyebab banjir di berbagai wilayah adalah karena banyaknya sampah yang berserakan sehingga menghambat aliran air. Hal ini merupakan salah satu perilaku buruk seakan sudah menjadi budaya masyarakat lndonesia.
Ketiga menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat kita berada. Dimanapun kita berada kita senantiasa menjaga kebersihan. Kita selalu membuang sampah pada tempatnya, misalnya membuang sampah di tong atau kotak sampah di rumah kita bukan di selokan atau parit. Kita membiasakan diri untuk membuang sampah di kotak sampah yang tersedia di mobil, bis atau kereta api bukan membuangnya kejalanan yang kita lalui. Kita membuang sampah ke dalam tong atau kotak sampah yang tersedia di pasar-pasar dan bukan membuangnya di lantai, jalan dan trotoar.
Upaya yang lain pun dapat dilakukan, tentu dengan kerjasama yang baik antara semua pihak. Bukan hanya terbatas pada individu tapi juga pada masyarakat serta ketegasan pemerintah diikuti kepedulian yang tinggi terhadap masalah sampah. Sebenarnya hal yang menjadikan lingkungan kotor bukan hanya terbatas pada sampah, ada hal lainnya juga. Ada kemungkinan pengaruh penggunaan bahan-bahan untuk kebutuhan hidup dari bahan sintesis ataupun kimiawi dan sebagainya. Hal itu dapat diupayakan penanggulangannya dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali dia pejabat pemerintah ataukah tidak, semua dimunculkan kesadarannya untuk hidup sehat dan bersih. Kerjasama pemerintah dengan masyarakat harus terjalin dengan baik agar tempat pembuangan sampah serta upaya memunculkan kesadaran hidup bersih dan sehat terealisasi secara maksimal.
Peranan pemerintah dan kesadaran masyarakat memegang peranan penting dalam mensosialisasikan larangan membuang sampah sembarangan berikut denda dan hukumannya agar terjadi efek jera bagi pelanggarnya berikut dengan pengawasannya seperti yang di lakukan oleh beberapa negara. Pemerintah memiliki wewenang untuk memberikan denda dan hukuman, pemerintah juga memiliki kewajiban untuk menyediakan tempat – tempat pembuangan sampah yang mudah untuk di akses oleh masyarakat.
Pemerintah tidak dapat hanya sebatas menghimbau mengenai kebersihan lingkungan itu penting. Tapi, peran pemerintah lebih dari itu. Mulai dari memberikan contoh, langsung terjun ke lingkungan masyarakat melalui sosialisasi hidup bersih dan tindakan nyata penyediaan area pembuangan sampah, aturan tentang kebersihan dan sebagainya.
Melalui kerjasama yang baik dan saling mendukung, tentu upaya memunculkan kesadaran budaya hidup sehat dan bersih akan tampak ringan dan mudah diwujudkan dalam waktu singkat. Pengaruh  kehidupan di lingkungan masyarakat dengan kebersihan yang terjagapun akan dapat segera dirasakan secara langsung.
Selain itu, ulasan ini pun juga akan membantu memberikan gambaran mengenai beberapa langkah untuk menciptakan lingkungan dengan kebersihan dan keindahan yang terjaga. Lingkungan  perkotaan yang hijau, bersih dan  indah  serta sistem perhubungan modern menjadi masalah yang mendapat perhatian istimewa pemerintah banyak kota. Hal ini tidak hanya mendatangkan kualitas kehidupan kepada masyarakat di perkotaan melainkan juga berpengaruh sangat besar terhadap perekonomian daerah-nya, khususnya mendatangkan pertumbuhan ekonomi di bidang pariwisata.

Beberapa contoh yang dilakukan  di beberapa kota di dunia seperti di Singapura - negeri yang dinamakan: Negeri  pulau yang paling hijau, bersih, indah di Asia dan termasuk topten kota terbersih di dunia. Di pulau kecil ini yang memiliki penduduk kurang lebih 4 juta jiwa, mereka memiliki aturan ketat tentang kebersihan, sehingga bisa mengontrol semua orang agar tetap menjaga lingkungan. Meskipun menjadi salah satu tempat tersibuk dengan teknologi yang maju, orang yang berkunjung ke sana tidak akan menemukan sampah atau kotoran berserakan. Kegiatan meludah, merokok, dan membuang sampah di mana saja sudah tidak terlihat lagi, karena ada sanksi yang sangat berat bagi para pelanggar yaitu berupa denda 500 dolar Singapura atau Rp 4.5 juta.


Contoh kedua di kota Freiburg, Jerman. Beberapa faktor membuat kota ini sangat bersih seperti, penduduk yang peduli lingkungan, bukit hijau, dan keindahan alam sekitar. Penduduk Freiburg menganggap kota ini layaknya harta berharga yang setiap saat dijaga dan dirawat, tidak heran kota ini sangat bersih. Bahkan penduduk di sana memberikan pendidikan lingkungan bersih kepada anak-anaknya, sehingga ketika mereka tumbuh dewasa, mereka bisa menjaga kebersihan dan peduli lingkungan.


Berikutnya kota Copenhagen, Denmark. Menjadi salah satu pusat kota budaya di Denmark, kota ini tidak kalah bersih dengan kota lainnya di seluruh dunia.         Memiliki lingkungan yang segar, bersih dan sehat merupakan ciri khas kota ini. Warga dan Pemerintah setempat sepakat untuk menempatkan upaya untuk menjaga kota ini agar tetap bersih.


Selanjutnya kota Wellington, Selandia Baru. Kota ini bukan tempat wisata, namun para wisatawan tetap datang ke kota ini agar tidak melewatkan menghirup dan merasakan suasana lingkungan yang bersih. Penduduk di kota ini sangatlah banyak, tetapi kesadaran penduduk di kota ini akan kebersihan lingkungan sangat tinggi, tidak heran membuat kota ini menjadi sangat bersih dan sehat.


Contoh lain alah kota Kobe, Jepang. Negara Jepang terkenal dengan penduduknya yang disiplin dan cerdas, tidak heran banyak kota di Jepang memiliki lingkungan yang sangat bersih salah satunya kota Kobe. Kota ini benar-benar sangat bersih, meskipun disibukkan dengan pekerjaan, penduduk setempat tidak lupa agar tetap menjaga kebersihan.


Kota di benua Afrika, Ifrane, Maroko. Perumahan dan infrastruktur di kota ini dibangun oleh Perancis pada akhir tahun 1920. Ifrane menjadi salah satu kota terbersih dan banyak turis tertarik dengan keindahan kota ini termasuk fotografer yang tertarik akan pemandangan indah yang disediakan di kota ini. Selain itu, Ifrane menawarkan begitu banyak tempat luar biasa untuk para pesepeda, pejalan kaki, trekker dan yang suka berpetualang.


Kota di belahan Eropa bagian Utara, Helsinki, Finlandia. Kota ini merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Finlandia. Jutaan orang berkunjung ke kota ini setiap tahunnya dengan berbagai alasan. Bangunan yang tersusun rapi dan pemandangan indah menjadi faktor utama banyak orang yang berkunjung ke kota ini. Bahkan Pemerintah setempat rela mengeluarkan banyak uang agar kota ini tetap bersih dan sehat.


Honolulu, Hawaii, Amerika.  Kota ini terletak di Pulau Oahu yang merupakan salah satu tujuan wisata yang paling terkenal di dunia. Selain tempat wisata, kota ini banyak tumbuhan hijau, bunga-bunga yang indah dan pemandangan yang spektakuler dan menjadikan kota ini sebagi kota terbersih di dunia. Tidak heran banyak wisatawan datang ke kota ini agar mendapatkan suasana sehat sambil bersantai.



Kota lain di Amerika, Minneapolis. Kota ini merupakan kota terbersih nomor 1 di Amerika Serikat oleh majalah Forbes. Penduduk kota ini bisa bernafas lega tanpa ada polusi dan membuat mereka agar tetap sehat. Di kota ini para penduduk dilarang merokok di tempat umum dan sudah menambahkan jalur sepeda. Selain itu banyak taman hijau yang bisa dijadikan tempat bersantai.



Contoh kota terbersih dan terindah terakhir adalah Calgary, Kanada. Terletak di antara Gunung Rocky dan padang rumput, kota ini dipenuhi dengan pohon-pohon hijau dan lingkungan yang bersih. Sungai yang mengalir di kota ini juga tidak tercemar. Warga kota ini memainkan peran penting untuk menjaga kebersihan kota ini. Tidak heran Calgary menjadi kota terbersih di dunia.

Dari beberapa contoh kota di atas terlihat peran pemerintah dan masyarakat sangat memainkan peranan terpenting untuk menjadikan sebuah kota menjadi kota yang bersih, hijau, indah dan bebas polusi. Hal ini  karena ada tekat yang tidak kecil dari pemerintah melalui kebijakan-kebijakan manajemen, pengawasan lingkungan dan menganggap pelestarian lingkungan ekologi sebagai tugas strategis dalam kebijakan pengembangan sosial-ekonomi. Pemerintah  telah  mengambil  banyak langkah untuk  mengawasi dan melestarikan lingkungan, diantaranya peraturan  tentang lingkungan adalah instrumen yang paling  efektif untuk menjamin kebersihan, keindahan dan lingkungan.

Semoga suatu saat kota-kota di Indonesia akan menjadi kota yang bersih, hijau, indah dan bebas polusi serta ramah terhadap penduduk kotanya dan wisatawan yang datang.(Mario Andramartik).

0 komentar:

Posting Komentar