Minggu, 30 Oktober 2016

MENGENAL DAN MENCINTAI DAERAH SENDIRI

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober maka Panoramic of Lahat bersama Pemuda Muhammadiyah Lahat mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Dengan Semangat Sumpah Pemuda Kita Maksimalkan Potensi dan Karakter Pemuda dalam membangun aspek budaya dan pengetahuan politik demi pemuda Lahat yang berkemajuan”. 
FDG ini dihadirin oleh pelajar, mahasiswa dan komunitas se Lahat berjumlah sekitar 200 peserta yang dilaksanakan di Gedung Dakwah pada tanggal 28 Oktober 2016. FGD di pandu oleh moderator Elvin Kurniansyah, Ketua Pemuda Muhammadiyah Lahat dan dua nara sumber yaitu Mario Andramartik, Ketua Panoramic of Lahat dan Muhammad Nasrul Fadli. 
Mario Andramartik yang baru saja mendapat anugerah Tokoh Inspirasi Sumsel 2016 pada 7 Oktober lalu menjadi nara sumber pertama. Dalam paparannya Mario menyampaikan beberapa fakta tentang Kabupaten Lahat yang sangat dia banggakan dan promosikan dimanapun dia berada. Mario bersama teamnya (Panoramic of Lahat) yang pernah membuat rekor MURI Megalit Terbanyak se Indonesia dan Kolektor Data Megalit Terbanyak se Indonesia tahun 2012 memaparkan : 
1.Kabupaten Lahat merupakan Kabupaten Tertua di Sumsel 
2.Megalit Lahat Terbanyak se Indonesia Rekor MURI 2012 
3.Megalit Lahat Terbaik se Indonesia buku Lonely Planet 
4.Air Terjun Terbanyak se Indonesia 
5.Rumah Adat Terbanyak se Sumsel 
6.Gereja Tertua di Sumsel 
7.Pohon Mahoni Tertua di Sumsel 
8.Bukit Jempol Bukit Terunik se Indonesia dan dunia 
9.Tumbuh Bunga Tertinggi di dunia (Amorphophallus Titanum) 
10.Bengkel Kereta Api Terbesar se Indonesia 
11.Terowongan Kereta Api Terpanjang ke-10 se Indonesia 
12.Salah satu Penghasil Kopi Terbaik di pulau Sumatera. 
13.Heritage Terbanyak ke-2 se Sumsel 
14.PLTM (Pembangkit LIstrik Tenaga Mikrohidro) Pertama di Sumsel. 

Mario mengajak semua peserta untuk mengenal dan mencintai daerah sendiri sebelum mengenal dan mencintai daerah lain. Suatu hal yang miris bila pemuda Lahat dapat bercerita dengan lugas daerah lain di pulau Jawa, Bali atau daerah lain di Indonesia bahkan luar negeri akan tetapi tidak dapat bercerita tentang Lahat daerahnya sendiri dimana dia dilahirkan dan dibesarkan. 
Mario juga mengajak peserta untuk mempromosikan potensi Lahat yang begitu kaya dan melimpah melalui media sosial yang dimiliki masing-masing peserta seperti via facebook, whatapps, instagram, path, youtube dan lainnya. Di era sekarang dimana semua orang dengan mudahnya untuk mempromosikan potensi daerah masing-masing dan mengenal daerahnya dengan sangat mudah. 

Di akhir paparannya Mario mengajak peserta untuk menjadikan Lahat sebagai daerah tujuan atau destinasi dalam berbagai bidang. Lahat yang banyak menyimpan berbagai potensi dapat dijadikan berbagai destinasi seperti destinasi wisata, destinasi ilmu pengetahuan, destinasi bisnis, destinasi belanja, dan destinasi lainnya. Bila hal ini terwujud maka Lahat dapat menjadi center bagi daerah di sekitarnya dan hal ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pemerintah Lahat. Pemuda Lahat harus mengambil peran besar dalam pembangunan Lahat secara keseluruhan. Kalau mau tidak ada yang mustahil, nothing impossible if you want to (tidak ada yang tidak mungkin bila anda mau). You never try you never know (anda belum pernah mencoba anda belum pernah tahu) dalam hal positif. Salam Pemuda.

0 komentar:

Posting Komentar