Selasa, 31 Januari 2023

BATU BELADUNG (Jelajah Negeri Mengenal Alam)

                    Wisatawan di Cughup Batu Beladung


Setiap liburan akhir tahun dan tahun baru  hampir setiap daya tarik dan destinasi wisata dimanapun berada selalu ramai dan dipadati wisatawan bahkan kenaikan kunjungan wisatawan bisa mencapai 3 kali lipat dari hari biasa. Hal ini terjadi juga di beberapa daya tarik dan destinasi wisata di Kabupaten Lahat seperti Waterboom, Puncak Gugah, Taman Ayek Lematang, Pagar Park, Cughup Buluh, Bukit Besak, TMC, Ayek Pacar dan Agrowisata Tanjung Sakti.

Seperti diketahui bahwa Kabupaten Lahat mempunyai daya tarik wisata yang sangat beragam baik wisata alam, budaya dan buatan yang tersebar di beberapa desa dan kecamatan dari ujung timur hingga ujung barat. Dan di awal tahun 2023 ini Kabupaten Lahat mencatatkan diri penambahan destinasi wisata baru yaitu Cughup Batu Beladung yang berlokasi di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan. Lokasi destinasi wisata ini baru saja dirintis seminggu yang lalu oleh pemilik lahan bernama Darmadi seorang warga Tanjung Payang bersama kerabatnya.

Untuk menuju lokasi air terjun atau dalam bahasa Lahat di sebut cughup,  maka Cughup Batu Beladung sangat mudah untuk dijangkau. Dari pusat Kota Lahat atau Simpang 4 Pasar Lematang menuju ke arah barat atau arah ke Pagar Alam setelah melintasi lapangan PJKA ada simpang 4, belok ke kiri dan terus lurus menyeberangi jembatan sungai Lematang yang baru saja di cat dengan warna yang biru menarik sehingga terlihat lebih indah. Dari jembatan Lematang terus lurus mengikuti jalan Drs.Harunata sejauh 5 km dengan kondisi jalan aspal yang bagus dengan bahu jalan berbeton sehingga jalan ini sangat aman untuk dilalui, selanjutnya belok ke kiri dan masuk jalan cor beton sejauh 100 meter dan kendaraan dapat parkir di lokasi ini. Berikutnya jalan kaki sejauh 100 meter dengan meniti anak tangga dan dilanjutkan menelusuri puluhan bebatuan yang tersebar di lokasi ini dan suara air gemericik menyambut kedatangan wisatawan. Ketika menyeberangi jembatan Lematang di sebelah kiri jalan telah dipasang spanduk kecil petunjuk arah ke Cughup Batu Beladung begitu juga di beberapa titik sepanjang jalan menuju lokasi cughup telah dipasang petunjuk arah. Hal ini untuk mempermudah wisatawan mencari lokasi cughup.

Air jernih berwarna putih mengalir dari atas dan jatuh mengalir di atas bebatuan yang menumpuk sehingga cughup ini terlihat lebih indah. Walaupun di musim hujan dan sungai lematang berwarna keruh tetapi cughup ini tetap berair jernih. Banyaknya bebatuan yang tersebar dan bertumpuk-tumpuk di lokasi cughup ini sehingga lokasi ini disebut Cughup Batu Beladung (batu bertumpuk-tumpuk) seperti dituturkan Kepala Desa Tanjung Payang Sapri.

Bupati Lahat Cik Ujang, SH melalui Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan Bidang Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mario Andramartik yang berkunjung langsung ke lokasi bersama Kepala Desa Tanjung Payang Sapri dan Kepala Dusun Dian. Pemkab Lahat sangat mendukung dengan dibukanya daya tarik wisata ini menjadi destinasi wisata apa lagi lokasinya sangat dekat dengan ibukota kabupaten, jalan menuju lokasi mudah untuk semua kalangan, aman dan nyaman, ayo wisata ke cughup Batu Beladung, ayo wisata ke Lahat sambung Mario.

         TBUPP, Kades dan Pengelola Cughup Batu Beladung

Walaupun destinasi wisata ini baru seumur jagung akan tetapi telah mampu menarik banyak wisatawan maka dari itu pemilik lahan lebih giat dan semangat untuk melakukan pembenahan seperti membuat toilet, tempat ganti pakaian, gazebo, pance (bangku tempat duduk dari bambu), pondok jualan dan menyiapkan lahan untuk berkemah tepat di atas cughup yang merupakan kebun karet. Pengelola cughup juga telah melakukan terobosan dalam mempromosikan destinasi wisata Cughup Batu Beladung dengan membuat Lomba Foto melalui media sosial Instagram. Hal ini tentu suatu upaya untuk menarik minat wisatawan berkunjung dan memberikan apresiasi atas kunjungan wisatawan.

Semoga segala upaya yang telah dilakukan dan akan dilakukan oleh pengelola dalam pengembangan Cughup Batu Beladung akan berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar cughup. Januari 2023 Mario Andramartik.

0 komentar:

Posting Komentar